Sabtu, 11 Februari 2012

SPIRIT CINTA TANAH AIR DALAM LAGU “SIANG PELATARAN SD SEBUAH KAMPUNG” KARYA IWAN FALLS


Sentuhan angin waktu siang
Kibarkan satu kain bendera usang

Di halaman sekolah dasar
Di tengah hikmat anak desa nyanyikan lagu bangsa
Bergemalah


Ku nikmat tiap lantunan lagu itu, sebuah lagu yang mendobrak kekuasaan penguasa karya seorang maestro Iwan Falls. Ingatanku kembali ke masa-masa anak kecil, masa yang penuh dengan kepolosan dan ketidaktuan akan sesuatu tentang tanah air dan bangsa.. namun kembali aku di ingatkan dengan suguhan lagu sosial tentang keadaan sekitar kita.. tentang anak sekolah yang tak bersepatu, tentang angin siang, tentang bendera yang kusam dan tentang harapan anak bangsa yang tak pernah mati.

Hai pernah kah engkau melihatnya? ato mungkin mendengarnya? Saya rasa anda semua hanya bicara “ya ato tidak” itu saja. Lain dengan mereka, mereka yang ada dalam lagu seorang Iwan Falls. Sebuah keadaan dimana tak pernah kita tau sebelumnya, keadaan yang dibalut dengan harmonika cinta dan lagu..

Dua tempat, dua dunia yang berbeda… mungkin kiasan itu yang bisa disejajarkan dalam lagu diatas. Dua tempat antara kita dan mereka, antara keadaan dan keinginan.. dua dunia yang berbeda antara mendengarkan dan mereka yang menjalani.. begitu kontras pemandangan tentang lagu diatas, di awali kalimat “sentuhan angin siang, kibarkan satu kain bendera usang” tragis memang, tapi itu adanya. Pedahal dalam Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, Dan Lambang Negara, Serta Lagu Kebangsaan yang dikatakan bahwa “bendera adalah lambang Negara kebangsaan Indonesia merupakan sarana pemersatu, identitas, dan wujud eksistensi bangsa yang menjadi simbol kedaulatan dan kehormatan Negara”

Aduhai celaka nasib negeri jika tak pernah kita tau keadaannya ternyata seperti ini, huffffttt…. Namun apapun itu yang menarik dari lagu diatas adalah kesungguhan anak-anak sebagai tonggak bangsa yang tak pernah mati yang cinta NKRI..

Cape uyyy ngetik terus, besok di lanjut klo ga lagi pusing, sepertinya lagu diatas sangat cocok dengan soundtrack film “Laskar Pelangi” karena alurnya sama-sama mirip


………………… Nolsatoe... - dksh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar